Rabu, 21 Januari 2015

Serba Serbi MoGe (Motor Gede)



Moge a.k.a Motor Gede adalah sebuah motor dengan kapasitas mesin 400 cc ke atas (untuk 2 tak 250 cc ke atas). Dengan cc trsebut dapat dipastikan power dan akselerasi yang dihasilkan semakin besar dan suara yang dihasilkan dari knalpot juga semakin kenceeenggg. Ditambah dengan bodinya yang unik/ eye catching dan kehadirannya yang jarang ditemui di jalan sehingga jika ada moge lewat mata pun akan melirik hehehe. Tak salah jika harganya yang sangat mahal dan yang membeli, tentu saja yang sanggup membayar alias dompetnya tebel alias kaya . Konsekuensi dari membeli moge ialah duitnya habis banyak, selain pembelian juga perawatannya agar mesin dan bodi kondisinya benar2 ok. 

Mengingat cuaca di Indonesia yang beriklim tropis berbeda dari negara asal moge yang beriklim 4 musim sehingga mengendara moge rasanya panas sekali. Panas tersebut dihasilkan dari hawa panas yang memancar dari mesin yang besar. Secara logika, panas mesin dihasilkan dari kerja pembakaran bahan bakar oleh besi yang menggerakkan piston. Semakin besar mesin semakin besar piston dan ruang bahan bakar sehingga membutuhkan ledakan semakin besar yang berakibat panas yang lebih. Selain panas moge juga membutuhkan tenaga yang lebih untuk mengendalikannya karena manuver yang lebih lebar dan usaha untuk membelokkan setang serta menjaga kestabilan motor. Dan satu lagi menjaga bodi lebarnya tidak beset tergores benda lain. Oleh karena itu sampai2 beberapa mall di Jakarta memberikan akses parkir khusus untuk moge agar para pengendara mogenya merasa nyaman dan aman

Dari banyaknya motor moge, ada 7 jenis yang biasa di produksi vendor - vendor otomotif :
1. Sport  : moge ini dari bentuknya pasti gampang dikenali yaitu terdapat fairing (cover aerodinamis ) setang jepit dan posisi pengendaranya yang seperti membalap tentunya. Punggung agak membungkuk dengan tungkai terlipat dikit ke atas.

2. Touring: Moge ini didesain untuk perjalanan jarak jauh. Moge ini dibuat agar posisi berkendara senyaman mungkin. Sadel kursinya terbuat dari busa tebal nan empuk bahkan sadel penumpangnya berbentuk kursi. Dilengkapi juga bagasi muatan banyak disamping dan dibelakangnya. Bahkan dilengkapi dengan audio atau lebih wah lagi dilengkapi dengan GPS.
3. Cruiser : moge ini umumnya sering lewat di jalanan. Bahkan hari kerja pun. Mungkin karena posisi mengendaranya dan tampilan keren jadinya pengendaranya bisa menyetir dengan rileks sehingga pede dibawa ke kantor. Moge tipe inilah yang sering didefinisikan oleh masyarakat umum sebagai moge yang sebenarnya (yah mungkin karena ketidaktahuan mereka lah.
4. Streetfighter: moge tipe ini bisa dibilang perpaduan antara moge sport dan touring. Bisa juga disebut “naked bike”. Moge ini berkarakter seperti moge sport tetapi dengan posisi berkendara tegak layaknya moge touring. Mungkin untuk orang awam yang masih bingung bagaimana bentuk tipe motor naked bike ini lihat aja Yamaha byson terus mesinnya dibesarin nah jadilah naked bike atau yang beruntung di jalan bertemu ducati monster atau kawasaki z800 atau ER-6n nah that’s the real! .
 5. Enduro: moge tipe ini mungkin sedikit di Indonesia karena baru booming. Tetapi tak lama pasti akan kalian temui. Dari namanya moge ini memang dirancang untuk melewati segala medan. Moge enduro yang ada di indonesia dominan bermerk BMW dan KTM. 
6. Trail: Moge tipe ini hampir sama dengan tipe enduro cuma perbedaanya moge enduro selain bisa melibas trek tidak rata moge ini juga nyaman dibuat untuk touring. Sedangkan untuk trail lebih dikhususkan untuk trek non aspal. Saran saya untuk pemula apalagi yang tinggi badannya pendek jangan mencoba moge tipe enduro dan trail dulu soalnya high seat nya benar2 tinggi sehingga bisa menyulitkan para pemula dalam menaklukkannya.
7. Skuter: Moge ini so pastinya bertransmisi automatic tinggal gas rem. Populasinya sedikit di indonesia (ya iyalah moge kan harusnya macho masak feminim cuma gas rem wkwkwk). Umumnya merk nya Piaggio.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar