Moge a.k.a Motor Gede adalah sebuah motor dengan kapasitas
mesin 400 cc ke atas (untuk 2 tak 250 cc ke atas). Dengan cc trsebut
dapat dipastikan power dan akselerasi yang dihasilkan semakin besar dan
suara yang dihasilkan dari knalpot juga semakin kenceeenggg. Ditambah
dengan bodinya yang unik/ eye catching dan kehadirannya yang jarang
ditemui di jalan sehingga jika ada moge lewat mata pun akan melirik
hehehe. Tak salah jika harganya yang sangat mahal dan yang membeli, tentu saja yang sanggup membayar alias dompetnya tebel alias kaya .
Konsekuensi dari membeli moge ialah duitnya habis banyak, selain
pembelian juga perawatannya agar mesin dan bodi kondisinya benar2 ok.
Mengingat cuaca di Indonesia yang beriklim tropis berbeda dari negara
asal moge yang beriklim 4 musim sehingga mengendara moge rasanya panas
sekali. Panas tersebut dihasilkan dari hawa panas yang memancar dari
mesin yang besar. Secara logika, panas mesin dihasilkan dari kerja
pembakaran bahan bakar oleh besi yang menggerakkan piston. Semakin besar
mesin semakin besar piston dan ruang bahan bakar sehingga membutuhkan
ledakan semakin besar yang berakibat panas yang lebih. Selain panas moge
juga membutuhkan tenaga yang lebih untuk mengendalikannya karena
manuver yang lebih lebar dan usaha untuk membelokkan setang serta
menjaga kestabilan motor. Dan satu lagi menjaga bodi lebarnya tidak
beset tergores benda lain. Oleh karena itu sampai2 beberapa mall di
Jakarta memberikan akses parkir khusus untuk moge
agar para pengendara mogenya merasa nyaman dan aman
Dari banyaknya motor moge, ada 7 jenis yang biasa di produksi vendor - vendor otomotif :
1. Sport : moge ini dari bentuknya pasti gampang dikenali yaitu terdapat fairing
(cover aerodinamis ) setang jepit dan posisi pengendaranya yang seperti
membalap tentunya. Punggung agak membungkuk dengan tungkai terlipat
dikit ke atas.
2. Touring:
Moge ini didesain untuk perjalanan jarak jauh. Moge ini dibuat agar
posisi berkendara senyaman mungkin. Sadel kursinya terbuat dari busa
tebal nan empuk bahkan sadel penumpangnya berbentuk kursi. Dilengkapi
juga bagasi muatan banyak disamping dan dibelakangnya. Bahkan dilengkapi
dengan audio atau lebih wah lagi dilengkapi dengan GPS.
3. Cruiser
: moge ini umumnya sering lewat di jalanan. Bahkan hari kerja pun.
Mungkin karena posisi mengendaranya dan tampilan keren jadinya
pengendaranya bisa menyetir dengan rileks sehingga pede dibawa ke
kantor. Moge tipe inilah yang sering didefinisikan oleh masyarakat umum
sebagai moge yang sebenarnya (yah mungkin karena ketidaktahuan mereka
lah.
4. Streetfighter:
moge tipe ini bisa dibilang perpaduan antara moge sport dan touring.
Bisa juga disebut “naked bike”. Moge ini berkarakter seperti moge sport
tetapi dengan posisi berkendara tegak layaknya moge touring. Mungkin
untuk orang awam yang masih bingung bagaimana bentuk tipe motor naked
bike ini lihat aja Yamaha byson terus mesinnya dibesarin nah jadilah
naked bike atau yang beruntung di jalan bertemu ducati monster atau
kawasaki z800 atau ER-6n nah that’s the real! .
5. Enduro:
moge tipe ini mungkin sedikit di Indonesia karena baru booming. Tetapi
tak lama pasti akan kalian temui. Dari namanya moge ini memang dirancang
untuk melewati segala medan. Moge enduro yang ada di indonesia dominan
bermerk BMW dan KTM.
6. Trail:
Moge tipe ini hampir sama dengan tipe enduro cuma perbedaanya moge
enduro selain bisa melibas trek tidak rata moge ini juga nyaman dibuat
untuk touring. Sedangkan untuk trail lebih dikhususkan untuk trek non
aspal. Saran saya untuk pemula apalagi yang tinggi badannya pendek
jangan mencoba moge tipe enduro dan trail dulu soalnya high seat nya
benar2 tinggi sehingga bisa menyulitkan para pemula dalam
menaklukkannya.
7. Skuter:
Moge ini so pastinya bertransmisi automatic tinggal gas rem.
Populasinya sedikit di indonesia (ya iyalah moge kan harusnya macho
masak feminim cuma gas rem wkwkwk). Umumnya merk nya Piaggio.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar