Di tahun 2000, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai produsen, melakukan perombakan besar di F1ZR. Desainnya terlihat lebih modern yang didukung dengan penggunaan pelek bermodel racing. Selain itu, model ini sudah mengaplikasi full cluth atau kopling manual utuh.
Bukan cuma karena desainnya yang membuat para kaula muda kepincut, tapi mesinnya yang bertenaga besar dan bandel alias awet. Makanya, motor ini juga cukup berjaya di ajang balap nasional pada era-nya. Tercatat banyak pembalap top Indonesia yang tenar menggunakan kuda besi ini. Seperti Ahmad Jayadi, Harlan Fadhillah, bahkan Hendriansyah yang terkenal sebagai dewa road race juga pernah membesut motor ini.
Spesifikasi Teknik
- Mesin
- Tipe : 2-stroke, silinder tunggal 110,4cc
- Bore x Stroke : 52,0 x 52,0 mm
- Kompresi : 7,1 : 1
- Perseneling : Manual, Wet, Multi Plate
- Gear Transmisi : 4 Speed, N-1-2-3-4
- Karburator : VM 20 X 1 MIKUNI
- Kapasitas Oli : 1,2 lt
- Aki : GM5Z-3B/YB5L-B/12V5AH
- Busi : BP 7 HS-10/W 22 FP-10
- Sistem Pengapian : CDI
- Sasis
- Berat Kosong : 95 kg
- Tipe Sasis : Pipa
- Kapasitas BBM : 4,5 liter
- Wheelbase : 1.190 mm
- Ground Clearance : 135 mm
- Tinggi tempat duduk : 750 mm
- Suspensi/ Ban
- Suspensi depan : Teleskopik
- Ban Belakang : 2.75-17-4 PR
- Ban Depan : 2.50-17-4 PR
- Performance
- Dimension (LxWxH) : 1.870 x 670 x 1.040 mm
- Starter : Kick & Electric
- Maximum Power : 10,7 PS / 7500 rpm
- Maximum Torque : 1,10 KGF.M / 6500 rpm
- Sistem Pengereman
- Rem Depan : cakram
- Rem Belakang : Tromol
Sebagai catatan (sumber dari anonim) Yamaha F1ZR tahun 1998 yang digunakan sebagai ujicoba resep ini.
1. Piston npp over size 2.00
2. Ukuran Exhaust port 28mm, lebar 38mm
3. Ukuran Cylinder head 9cc
4. Ukuran diameter 54mm
5. Ukuran nat 0,4mm
6. Ukuran squis 7mm
7. Sudut 14 derajat
8. Ukuran reed valve std, stoper 11mm
9. Karburator pakai ukuran venturi 28, kalo bisa PWK biar rpm atas lebih nendang
10. Gear rasio
11. Ukuran needle jet & jet needle gunakan standard
12. Porting di inlet crankcase ke arah transfer port
13. Knalpot pakai standard F1ZR lurusin stinger ke silencer (diameter stinger 20mm)
14. Ukuran final gear depan “14” dan gear belakang “35”
15. Pengapian masih menggunakan standard F1ZR (pabrikan)
Sebagai laporan
- Gigi satu kecepatan 40 Km/jam
- Gigi dua kecepatan 70 Km/jam
- Gigi tiga kecepatan 110 Km/jam
- Gigi empat kecepatan 135 Km/jam (bias lebih)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar