Translate

Minggu, 06 Desember 2015

Pasang Spakbor belakang Yamaha R15 di Jupiter MX

Lama ga ngeblog nih, maaf ya bro baru update hehehe maklum sekarang udah ganti profesi jadi "jobseeker"

jadi banyak nih yang tanya tentang gimana sih caranya pasang spakbor belakang Yamaha R15 ke Jupiter MX, emang pnp ya alias plug n play? ubahan apa aja?

oke kita kupas satu-satu ya, sabar, orang sabar pantatnya lebar hahahaha. jadi jelas ga PNP lah perlu banyak ubahan di jupiter mx nya soalnya dudukan dan bentuknya aja dah beda. tp overall susah-susah gampang kok cuma 1 hari paling kelar

Pertama, Potong body samping bagian bawah reflector belakang gunanya untung memasang selancar/undertail.


ya undertail ini wajib di pakai fungsinya ada 2 biar terkesan nungging dan mirip R15 dan si spakbor belakangnya ini mempunyai posisi yang pas ketika terpasang. Yang pas ini maksudnya plat nomer menghadap sempurna ke belakang ya.

Kedua, setelah body samping di potong, pasang dlu bagian tersebut ke jupiter mx lalu pasang undertailnya. biasanya undertail itu custom dr bahan carbon, bor aja undertailnya sesuai dudukan mur di body samping. jadi deh MX pantat nungging ala ninja 250 yang udh copot spakbor belakang. eiiitss.... tp misi kita belum selesai bro

oh iya ada tips, kl bro2 sayang ma body samping ori mx dan ga mau di potong, bisa beli yang KW nya harga 120rb. tapi buat yang KW nya bagian pemasangan harus hati hati karena bahan plastiknya kualitas abal-abal bisa-bisa dudukan atau pas di potong ada yang pecah. jadi ketika pasang undertail, bagian mur bisa di ganti strapping band 

Ketiga, siapin nih bagian yang dibahas di blog ini, spakbor belakang R15. Beli yang ori di dealer yamaha yang bagian dudukan besi, dudukan plat nomernya yang dai plastik sama murnya.
Lalu bor dudukan besi spakbornya ke undertail dan jadi deh! jupiter mx pake spakbor belakang Yamaha R15. tp menurut saya ini belum sempurna karena spakbor R15 itu berat dan membawa beban plat nomer sedangkan spakbor cuma dimur di undertail yang cuma karbon pasti sebulan udah pecah. kayak gini
Kalo mau kuat dudukannya dan awet, bawa ke tukang bubut mereka tau caranya tp kalau dimotor saya bikin plat kotak 2 masing mempunyai 4 lubang buat baut dudukan spakbor, yang satu dipasang di bawah undertail
yang satunya lagi dipasang di bagian dalem undertail yang membuat undertail terhimpit diantara plat tersebut. Plat dalem di las lg dengan besi bentuk L terus di cantelin di rangka belakang nomer rangka.

Lah ini yang namanya udh jadi sempurna, dari segi estetika dan segi durabilitas. dijamin spakbor ga goyang dan tahan lama ga bikin undertail pecah.

Gimana bro? mudah bukan membuatnya hahaha kayak acara masak aja

Jadi buat nambahin keindahan tambahin Part lain bro
1. Peninggi shockbreaker biar lebih nungging dan pas posisinya sama spakbornya
2. Ban tapak lebar, biar keliatan padet motornya. Velg standar masih bisa di masukin 100/70 atau 100/80
3. penutup rantai New jupiter MX

Sekian tulisan dari saya, kalau ada kata yang kurang berkenan dan menimbulkan pertanyaan saya minta maaf. kalau mau tanya, kirim email aja atau tulis di kolom komentar

5 komentar:

  1. Sory gan merk ban nya apa y??terus itu jupiter mx old apa yg new??makasih jawabannya gan..

    BalasHapus
  2. Sory gan merk ban nya apa y??terus itu jupiter mx old apa yg new??makasih jawabannya gan..

    BalasHapus
  3. Cara nyambungin kabel nya gimana..sebab sudah tersambung kok lampu

    BalasHapus