Kamis, 15 Januari 2015

Yamaha Jupiter MX galak tanpa Bore Up


Mau bore up tapi takut gagal? takut kompresi pecah? takut overhead? takut boros? atau takut ga nyaman buat touring? emang sih resiko bore up emang seperti itu, tapi semua itu tergantung mekanik kita aja. kalo mekanik bagus biasanya hasilnya memuas kan, tapi kalo engga? hmmm no comment dah.

Jupiter MX sebenarnya sudah mumpuni buat tarikannya berfungsi buat melibas jalanan kota, dengan top speed rata-rata 120km/h, emang karakteristik pabrikan Garputala emang gila di RPM bawah sih. Tapi mungkin banyak riders jupiter mx yang kurang puas top speednya, atau sering susah selip sini selip sana pas touring, aku punya solusinya. emang ga terlalu signifikan tapi ya lumayanlah :

jadi pertama siapkan CDI unlimiter, sebenarnya CDI unlimiter ada batasnya sekitas 20rb ke atas kalau ga salah, tapi rata - rata motor harian ga bakalan sampai 15 ribu RPM makanya CDI aftermarket di panggil CDI unlimiter. mungkin riders bisa pakai CDI Mio yang lebih murah, atau kl mau yg lebih enak lagi pake CDI merek BRT Dual Band yang tipe RK

Lalu kedua ganti Busi pakai Busi platinum biar pengapian lebih besar jadi pembakaran lebih sempurna. Kalau pakai Busi Iridium mubazir, busi iridium biasanya buat yang sudah bore up karena membutuhkan pengapian yg besar pula untuk mengimbangi asupan bahan bakar dari karburator. Pakai yang NGK G-Power Platinum harga 30 ribuan kok
Ketiga, ganti per kopling dan kampas kopling dengan yg racing banyak pilihannya kok, kalau kampas koplingnya bisa substitusi dengan kampas kopling Honda GL. Kalau MX yang awal-awal, bisa pakai kampas Honda Karisma. Tapi, kalau untuk tahun 2009 ke atas, ya pakai GL.
 Yang keempat ganti koil agar pengapiannya besar. Jika CDI nya menggunakan yang racing jangan pakai koil yang racing juga karena akan membuat kerja CDI jadi kacau. koil bisa menggunakan koil Honda Kharisma, tapi jika CDI Mio atau standar pakai Koil merek Blue Thunder

Kelima, ganti noken as dengan punya Yamaha Vixion biar bukaan klem makin tinggi dan RPM atas naik. cara pemasangan itu yang saya bingung, ada yang bilang PNP alias langsung pasang dan ada yang bilang di bubut dulu. kalau MX saya harus dibubut dulu ga tau kenapa, tanya mekanikmu aja gimana yang cocok buat MX mu. harga jauh lebih murah ketimbang aftermarketnya bahkan noken as asli MX nya sendiri
Keenam dan yang terakhir ganti knalpotmu dengan yang model Free Flow. kl mau pake knalpot standar bisa di bobok biaya lebih murah tapi menurut saya suaranya kurang keren, bisa beli atau bikin knalpot. Kalau beli Model, bahan dan Suara bisa di atur otomatis harga bisa di atur. kalau yang atau yang aftermarket, biasanya lebih mahal. Riders bisa coba knalpot merek NOB1 harganya murah, dibanding mrek lain dan suaranya ngebas adem, cocok buat tanpa bore up

Nah itu caranya bro menurut pengalaman, buat trek lurus dan jauh top speed bisa nambah dari 130-135km/h. makasih yang sudah baca, kalau ada salah saya mohon maaf soalnya sama-sama lagi belajar

173 komentar:

  1. CDI bikin irit, tp aplikasi gear kecil bikin boros. walhasil normal2 aja

    BalasHapus
  2. ane punya NJMX sudah bore up pake punya vixion settingan standard, pakenya buat harian aja sih tapi rada kesel juga kalau udah ngebut tapi ada yg salip dari belakang. Yang nyelip eh mx lama pula makin panas lah hati ini. Waktu coba ngejar kok perpindahan giginya terasa lambat dan kadang lambat entah akselnya atau gasnya yang bikin lambat. Kira" apanya yang salah atau kurang ya? minta tolong dong gan kasih masukan, tips dan tricknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti per kopling sama karburator

      Hapus
    2. Kalau ganti keduanya itu, aman aja kah bro? Maksudnya ada settingannya lagi kah?untuk pemakaian sehari hari apakah awet dgn jarak tempuh sgt jauh?

      Hapus
    3. Kalau ganti keduanya itu, aman aja kah bro? Maksudnya ada settingannya lagi kah?untuk pemakaian sehari hari apakah awet dgn jarak tempuh sgt jauh?

      Hapus
    4. jgn2 itu mx gue yg nyalip gan?

      Hapus
    5. Pake aja karburator jupiter mx yg 2009.
      Terus ganti kampas kopling racing kasih yg TDR jangan daytona, ga bagus buat rumah kampasnya .
      Terus ganti juga per koplingnya yg TDR juga biar lebih greget sentakan nya .

      Hapus
    6. Shifting...ini menurut saya sih apalagi kalo NJMX sudah dimodif pengapian dan kelistrikan tp masih di asapi sama OOJMX..saya pribadi juga sering gitu. 4 speed vs 5 speed..karena gapaian power nya hampir sama, versi 5 speed sering kehilangan tenaga saat shifting (karena lebih sering shifting drpd 4 speed)

      Hapus
    7. Noken as. Kalau cuma ambil blok sama seher vixion tenaga mx jadi turun. Pakai noken as kawahara K1 aja enak.

      Hapus
    8. ganti sepul nya

      sepuluh juta maksudnya ganti motor ccnya yg gede pasti ces pleng

      Hapus
  3. Jupiter old mx ane pake piston 66mm.pake pen strouk 3mm.noken as custom.klep pke ukuran 23/20.karbu pe28 kw.cdi brt dual band.yg laen nya standar tinting.mantep ko buat harian n turing.ninja 250 tewas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah berapa lama mx ente dipake bro? Awet aja kh hbis di boreup?

      Hapus
    2. Ga percaya kalau ninja 250 tewas. Scorpio mesin standar total aja cuma bisa nyampingin ninja. Nah mx seher 66 kok tewasin ninja. Hayah. Pio gua buat bisa ngasepin ninja butuh seher os 200 cam custom stroke 3mm karbus koso 32. Tu ninja gua asepin. Wkakakaka sini gua bayarin lah mx lu. Dari pada pake pio mending pake mx aja gua kalau gitu mah.

      Hapus
    3. Ninj Lgi nongkrong kli gan... Wkwkwkw

      Hapus
    4. In & ex di porting gk bro? klo di porting ane percaya berarti portingan motor ente bagus & klo gk di porting ane gk yakin mx ente speck 66 bisa lewatin 250 han,hehehehe tapi karbunya serem sih pe 28,megapro ane aja cc 160 masih pake karbu 24 cuma menang di porting polish aja udah lumayan banget scorpio mah tai burung lah,berani bakar bakaran motor sama pio,heheheheh

      Hapus
    5. Ayoo bang bully aja nih bocah baru kmaren..

      Hapus
    6. Iya sma pnya ane jga, cdi brt, crbu pe28 kw, noken K1, kampas kpling tdr per kopling kawahara, poring pkai vixi stndrt aj satria FU ktinggalan buat harian snggup cmn bensin ny lumyan boros..

      Hapus
    7. Haha,ninja ngisi bensin ..

      Hapus
    8. Mx old standar cocoknya pake karbu pe ukuran brapa...trs bisa pake manipol pendek nggak? Mohon masukannya

      Hapus
  4. Mx 4 speed d ganti gigi rasio v-ixion cocok kgax gan

    BalasHapus
  5. Mx 4 speed d ganti gigi rasio v-ixion cocok kgax gan

    BalasHapus
  6. Koil karisma/yz125, cdi brt dual band kr, karbu keihin pe28,busi ngk platinum, knalpot (belum tw mw pake knlapot apa?)
    Gan mau nanya, settingan ini bisa ga buat njmx ane yg sering dipake kerj dengan jarak tempuh +- 70km pp, 5 hri kerja..sering di geber soalnya biar cepet nyampe kt4 kerja, rata" 100kpj kalau bawa njmx ane.
    Njmx ane udah boreup kit vixi, tapi settingan standard semua.
    Dengan mengaplikasikan settingan ini, njmx awet ga? Soalnya rada takut juga gonta ganti parts, takut mesin jebol aja sih gan, kesian saya kendaraan untuk cari nafkah sih :)
    Mohon bantuannya bro.

    BalasHapus
  7. Bagus nie blognya
    Makash infonya brooot

    BalasHapus
  8. om, ni mx gua thn 2010.
    cuman diganti coil thunder bold, kampas kopling kawahara, per kopling suzuki smash.
    karbunya GL neo tech ory.
    top speed 129 cuman gigi 3.
    blum smpe gigi 4.
    di gigi 4 udah ngga ada tenaganya.
    knalpotnya creamphi udah bobokan suara fre flow.
    mntornya dari kediri sampe semarang pertamax 50 rb sisa bisa beli 3 biji sigaret. hehe
    itu bisa termasuk ngirit ngga om.?
    klo mesin standard ngga brani boreup :3.
    takut jebol.

    sarannya biar di gigi 4 narik terus, apanya yg harus dirubah om??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu nokenya yg ga bagus buat jarak jauh gan .
      Dan juga karbunya yg ga mendukung makanya gitu .
      Pake aja karbu jmx yg 2009
      Pasti lebih manteb ..

      Hapus
    2. Karbu mx 2009 yang ori apa biasa mas

      Hapus
    3. kalo mau performa lebih mantep lagi pake cdi gede bang biar pengapian lancar atau ikutin blog yg di atas tpi ambil pengapiannya aja

      Hapus
  9. Om mau nanya mx saya 2008, saya bingung kenapa tiap mau kenceng gas nya ngembus tp tarikan nya telat om..jadi kayak ngeden gitu, tolong pencerahan nya suhu.. Makasih banyak

    BalasHapus
  10. ga ngerti bro maksudnya ngembus hehehe tp kl tarikan telat pj mj nya kurang gede. pake karbu apa?

    oh iya buat yang lain, jawaban dah dikirim lewat email masing2

    BalasHapus
  11. hehe maaf om kebawa bahasa palembang..maksud gini om, ketika saya narik gas malah suara mesin nya yang gede tapi tarikan nya telat banget atau ga ada tenaga.. saya masih karbu standard, dan onderdilnya masih standard semua.. penyakit nya ada dimana ya om?
    dibawa ke bengkel, katanya kampas kopling perlu ganti, pas di ganti tetap gitu om.. tolong bantuan nya om, mksh byk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kaya mx punya sy kang,,salam kenal,,gimana udah ketahuan ga penyakitnya

      Hapus
    2. itu kampas kopling & pir kopling udh minta ganti bang

      Hapus
  12. Punya sy mx 2009. Tp kl digas habis nyendat2 om. Kirain karbu kotor. Tp sdh dibersihin tetap jg gt.
    Kr2 apanya ya om.
    Makasih jawabannya om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek filter udara nya soal ny pat sy gtu jg

      Hapus
  13. Bro,numpang tanya jg dong. Sy pake mx lama 2008 blm kopling, sy ngikutin saranny di tulisan di atas, yg blm diganti cdi, cdi sy nyari yg 5tl dapet yg kode part nya 5tl-h5540-01, udh bawa ke bengkel biasa katanya ga pnp yah, musti beli kabelnya juga, bener ya bro? Trus klo pasang camshaft vixion, maksudny pistonnya musti dicoak/dibubut apanya ya? Tp klo ane pasang blok vixion sekaligus piston vixion ga perlu dicoak yah, tp kompresinya turun jd ga narik jg yah? Terakhir rencana mo ganti kampas kopling karisma, tp per kopling mo pake punya ninja, cocok ga yah bro?
    Makasi sebelumnya jawabannya bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ ryan_andresa pnp kok bro, mungkin itu bukan buat mx kali saya lupa kodenya apaan.
      bagian bloknya bro yg dicoak bukan pistonnya, bagian yg dibubut itu bibir bloknya. itu ngurangi panas aja trs biar ga pecah pas memuai. kalo pistonnya pnp...
      sebenernya itu perkop buat balikin kopling aja setelah ditekan, makin cepet makin keras makin nyentak jg akselerasinya. tergantung kebutuhan aja

      Hapus
  14. Bro mau tanya. Kalau CDI kawahara di adu dgn coil uma. Ada efek.ke CDI gak bro? Kok punya ane CDI nya ya yg bermasalah. Mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya CDI racing itu ga cocok sama koil racing, cocoknya sama koil ori. ori YZ ori MIO dll

      Hapus
  15. Bro mau tanya. Kalau CDI kawahara di adu dgn coil uma. Ada efek.ke CDI gak bro? Kok punya ane CDI nya ya yg bermasalah. Mohon pencerahanya

    BalasHapus
  16. Broo...mo nanya...
    ane niatnye mo boreup mx taon 2008 non kopling...niatnye mo pake jeroan vixion...tambahanye apa lg y??,kira2 buat harian aj soalnya mesinn udh mulai ga saik.
    mohon pencerahanye...thks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah cukup yg pnh ane tulis di blog aja bro. ga perlu tambah apa2

      Hapus
  17. Ane cuma bawa mx 2006 bro untuk naik turun gunung lawu ngapel, cuma suplay bbm yg ane jengkel sering kayak kehabisan bahan bakar di karbu kalau posisi naik atau arikan sepontan di putaran tengah2

    BalasHapus
  18. Bro,ane mau nanya..
    mx ane kan thn 2012,tp piston,blok,noken as nya punya vixsion,tp kampas kopling ny punya Gl pro,rencna nya kuil nya mau ane ganti pake kuil honda karisma.tp CDI ny blm ane ganti bro,gmna t bro...???
    Mohon solusi nya bro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga masalah sih, CDI kan buat ngatur timing pengapian, asal CDI ori msh berfungsi gpp. cm kurang maksimal aja

      Hapus
  19. Numpang nanya om, mtr saya mx 2006 blok vixion camsaft vixion karbu king,kalau di bawa jlan gak mau di gas langsung om maunya tarikan gasnya guyur itu mslahnya ap ya om. Mhon solusinya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti karbunya pakai pe 28,ganti per klep merk tdr,saya dulu sama pakai karburator king sekarang aku pakai pe 28,BBM nya bensin jgn pertamax.

      Hapus
    2. guyur itu apa yah hehehe brebet2? kl gitu saya pnh gitu om. itu karbu ga beres atau spuyer kurang gede, coba ganti pny tiger

      Hapus
  20. Coba satu2 ahhh semoga bahan2nya disini ada semuanya

    BalasHapus
  21. Ok saya mau nanya njmx saya tak gnty pir kopling brt kampasnya saya gnty orisinil yg import biar lbh sangar lgi tarikane gnty ap ya om ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya itu perkop buat balikin kopling aja setelah ditekan, makin cepet makin keras makin nyentak jg akselerasinya. tergantung kebutuhan aja.

      Hapus
  22. @Heru. Jgn pakai per kopling BRT. Cepet lembek. Pakai per kopling Tiger aja. Joz pokok e :v .

    BalasHapus
  23. klo pakek per kopling racing biasanya panas dikit persnelengnya nyantol" sob buat harian Pakek punya honda Tiger/Ninja aja,kampas kopling hrus readi,Sistem Pengapian BRT.. udah bisa lompat" kayak pocong :D

    BalasHapus
  24. MX saya thn 2014 blok Vixion tembus 130km/jam

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. habis brp ratus ribu smuanya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap kota beda2 bro, kemampuan nego jg berpengaruh kwkwkwkw

      Hapus
    2. Broo.. mau nanya..
      Klo NJMX make Karbu king trus CDI BRT dan Knalpot Cld, itu cocok gk klo bertiga di pasang dan efek nya gimana nanti? Saya niat mau masang tiga tiga nya

      Thks, jawabannya

      Hapus
  27. Malam Gan..... mau nanya. MX sy th 2005. blok vixion, noken vixion, cdi brt dual band, coil kharisma, perklep racing trd, per kopling trd, karbu masih standar. st digas biasa tarikan lumayan. tp saat kencang malah mbrebet. apanya lg yg mesti diganti gan, apa karbunya? dan pake karbu apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seting spuyernya ga beres

      Hapus
    2. Kalo mx 2009 cuma ganti pe28.cdi brt..enak gx tariknya buat harian bro???

      Hapus
    3. Kalo mx 2009 cuma ganti pe28.cdi brt..enak gx tariknya buat harian bro???

      Hapus
  28. @bro inux coba cek karbu atau mungkin tangki kemasukan air. banyak kemungkinan sih bro

    BalasHapus
  29. emang top speed ga byk berubah cm jd enak buat tarik2an, sudah pernah saya coba

    BalasHapus
  30. sedikit nambahin, kampas kopleng cukup yg standar,tp bikin jd 6 (standar nya 5,ditambah 1 dngan cara di bubut..(khusus buat yg drop kopleng kocak ky punya ane.) perkopleng ganti kawahara lebih kenceng dri TDR, kop mesin di papas dikit,lupar berapa mili,jgn terlalu bnyak entar klip nyangkut piston,tujunnnya hnya mperkecil ruang bakar,agar pembakaran lebih cepat.,balance bubut 0.5kg (standarnya 2kg klo ga salah) klo harian cukup,tp putaran atas kaga ilang..CDI/rextor ganti brt udah lumayan..koil cukup standar..

    insyaallah tarikan lumayan bensin irit,servis kaga terlalu sering.. kalo mau bore up ikut org bnyak pakai vixion.. masih sanggup 1blan skli ganti oli..(55km/6 hari dlm seminggu)..kalo lebih gede lagi servis berkala lebih sering, ganti oli bisa 2minggu skli

    ane pemakai mx old 2008 akhir, alhamdulillah tarikan ringaan nyari 0-100 lumayan gampang,,ane pernah nyoba luar kota 135an masih tembus..

    #note : faktor lain mempengaruhi topspeed, seperti ukuran ban,berat vleg,perbandingan gear,knalpot,dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga tau gan, ga pernah coba. kl di tambahin jd 6 emang ga seret tuh? mx bak koplingnya aja udh salah produksi, oli ga bisa masuk harus di bubut dlu, di lubangin.
      per kop mah disesuain kebutuhan aja

      Hapus
    2. alhamdulillah kaga seret,kmaren karna drop kocak..pengen ane ganti.dsuruh bengkel langganan dbubut tambahin 1 kampas lagi,lebih hemat drpd beli drop baru,,ya udah ane nurut aja. jd nya komplek ane keras2 empuk,,

      #solusi buat yg dropkopleng kocak bang,klo yg masih bagus ya jangan.. :v

      Hapus
  31. Bro punya ane mx th 2014 mau ganti kampas kopling enaknya yang ori yamaha ap dikasih gl pro ktanya cocok sm mx gua.tlong saranya broo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terserah bro, kl emang cocok ya pake aja. ngefeknya ga jauh beda sama yg racing kok kl pemakaian harian

      Hapus
  32. Motor masih standat smua broo.

    BalasHapus
  33. Bro punya ane mx th 2014 mau ganti kampas kopling enaknya yang ori yamaha ap dikasih gl pro ktanya cocok sm mx gua.tlong saranya broo.

    BalasHapus
  34. Bro jupiter mx ane udah gnti blok n piston vixion, noken vixi, koil karisma, busi ngk power pltinum, cdi brt dual band,perkop tiger, kamkop gl, knlpot fu, karbu stndar kok top speed mentok 120km/jam gk naik2 lagi sudah bbrp x dicoba ttp sgitu apa yg salah ya,,,, memang top speed mx standar dlu 115km/jam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karbu ganti gan...kalo ane pake king ..ganti pj 17,5 mj 125 ...seting sampe dapet yg pad

      Hapus
  35. Sekedar sharing aj gan,brdasarkan riset pribadi,klo pkai blok vixi hrsnya dikepras 1/2 mm dulu baru pdat kompresinya,ttpi trgantung niatnya mau buat harian ap kebut2an,klo harian tnpa kepras aj(based pengalaman klo trlalu padat kompresi,ring piston sering kalah,aplgi joki g bs kontrol emosi main bejek top speed trs )sharing spek harian omx sy: blok vixi,kem pny vixi(note pnp gan g pke coak dll),cdi kawahara,koil std,per kopling helios,bubut bak kopling,jejali jd 5 kampas,per klep modif,karbu ori,gear 2&4 ganti merk faito.dah it aj harian aman & 130kph msh bs nympai,aplgi klo karbu pwk sudco,kem racing ikut nyantol,sampean bayangkn sndiri larinya,Hehehehe...

    BalasHapus
  36. Sekedar sharing aj gan,brdasarkan riset pribadi,klo pkai blok vixi hrsnya dikepras 1/2 mm dulu baru pdat kompresinya,ttpi trgantung niatnya mau buat harian ap kebut2an,klo harian tnpa kepras aj(based pengalaman klo trlalu padat kompresi,ring piston sering kalah,aplgi joki g bs kontrol emosi main bejek top speed trs )sharing spek harian omx sy: blok vixi,kem pny vixi(note pnp gan g pke coak dll),cdi kawahara,koil std,per kopling helios,bubut bak kopling,jejali jd 5 kampas,per klep modif,karbu ori,gear 2&4 ganti merk faito.dah it aj harian aman & 130kph msh bs nympai,aplgi klo karbu pwk sudco,kem racing ikut nyantol,sampean bayangkn sndiri larinya,Hehehehe...

    BalasHapus
  37. Kalo saya mw tanya om,biar jupiter mx 2006 tarikan enteng n buat jarian juga enak itu gimana n harus ganti apa ya? Mohon info

    BalasHapus
  38. pengalaman saya pake jupiter mx 2010 murah meria kenceng
    1, kampas kopling GL / Tiger 5 lembar pasang semua, punya mx yang paling bawah atau kampas kecilnya lengserkan ganti kampas tiger semua. harga +/- Rp. 80.000,-
    2. per kopling tiger harga +/- Rp. 40.000,- kalau pingin lebih meloncat lagi tarikannya ganjal per tiger dengan ring, cari diameter dalam ring sama dengan diameter dalam per, diameter luarnya pasti kebesaran, caranya gerinda diameter luarnya sampai sama dengan diameter luar per (dari sini anda gak mungkin kecewa dengan akslerasinya)
    3. kalau pingin nafas tiap gigi lebih panjang, ganti noken dengan punya vixion (PnP dengan punya MX) kalau beli noken vixion jangan lupa beli sekalian pin dowel (Rp. 6.000 2pcs) bentuknya seperti silinder kecil yang dimasukkan di 2 lubang kecil di noken vixion, sebenarnya bisa pake pin dowel mx tapi melepas pin dowel di MX sulit, jadi beli aja murah kok.
    4. CDI BRT power max harga +/- Rp. 385.000,- untuk yang pingin mesin bisa teriak lebih tinggi.
    5. koil tiger harga +/- Rp. 80.000,- ini bisa pake bisa gak, kalu pake di koil tiger ada soket warna hitam dan biru, yang hitam langsung tancap ke soket bawaan MX, yang biru hubungkan ke baut tengah pada koil di massa body.
    6. karburator standar cuma stel anginya saja, box filter tetap terpasang tapi hilangkan filter kertasnya.
    JUPITER MX DIJAMIN TETAP IRIT, TARIKAN BERUBAH SIKNIFIKAN, MODAL EKONOMIS, AWET KARENA PAKE PART ORIGINAL SEMUA (KECUALI CDI) CATATAN KONDISI MXNYA SEHAT , PISTON DAN KLEPNYA GAK BOCOR ATAU AUS (KNALPOT GAK NGEBUL ASAP PUTIH)

    BalasHapus
  39. Mau nanya ni bro, mx saya taun 2010 sekrang knalpotnya udah ngasep item kata bengkel langganan saya harus ganti blok. Mhon sarannya apa aj yng hrus d ganti tpi pengen sekalian dibikin 150 tpi yng aman untuk harian ya bro. Mksih

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. Setelah baca2 komentarnya.jadi pengen jg nih mx2006 non kopling ane dibikin kenceng tp pemakain harian. Kira2 apa aja yg harus diganti. Ditunggu sarannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga punya mx tahun 2006, rencana mau saya pasang blok seher vixion 1 set 400-500 rb, kampas kopling 150k, per kopling 70k, per klep swedia 160k, noken as vixion 160k, karbu dan manifold 300k, koil karisma 80k, cdi mio (belum beli), dah itu ajah di jamin brani sama fu standar

      Hapus
  42. Malam bro mau nax ni mx 2008 gue uda ganti karbu rx king tp klo dingin susah sekali hidup trz agak boros mohon pencerahanx....

    BalasHapus
  43. Malam bro mau nax ni mx 2008 gue uda ganti karbu rx king tp klo dingin susah sekali hidup trz agak boros mohon pencerahanx....

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu keborosan bro,, pakai karburator king memang sering gituh,, pakai karburator pe 28 aja, lebih irit, punya saya saya pasang karburator pe malah lebih irit dari standar, lari lebih kennceng.... tinggal setingan karbu doang sih sebenernya

      Hapus
    2. Ane pake Karbu king ga ada masalah bro...dgn catatan ori / yg bagus la biarpun kawe bnyak merk nya..pj make 17,5. ..mj make 120-125...setingnnya sampe dapet warna busi merah bata tanda pembayarannya bagus.

      Hapus
    3. Ane pake Karbu king ga ada masalah bro...dgn catatan ori / yg bagus la biarpun kawe bnyak merk nya..pj make 17,5. ..mj make 120-125...setingnnya sampe dapet warna busi merah bata tanda pembayarannya bagus.

      Hapus
  44. saran ane sih simple aja
    sediain buget 15jt buat MX ente, ganti part full UMA RACING dari head sampe blok ji jamin lari 160km lebih tu kuda besi, selalu gunakan pertamax plus biar mesin awet

    BalasHapus
  45. Jupiter ane tahun 2008 yg kopling
    Klo di ganti perkopling,CDI BRT, coil kharisma sma busi platinum itu menambah performa motor apa malah mengurang ya ? Mohon pencerahan nya agan

    BalasHapus
  46. Jupiter ane tahun 2008 yg kopling
    Klo di ganti perkopling,CDI BRT, coil kharisma sma busi platinum itu menambah performa motor apa malah mengurang ya ? Mohon pencerahan nya agan

    BalasHapus
  47. Jupiter ane tahun 2008 yg kopling
    Klo di ganti perkopling,CDI BRT, coil kharisma sma busi platinum itu menambah performa motor apa malah mengurang ya ? Mohon pencerahan nya agan

    BalasHapus
  48. Suhu mau tanya nih, Mx ane tahun 2006 pake karbu PE28 kw, sama pake busi platinum, knalpotnya pake knalpot standar mx 5 speed. Bikin mesin rusak gak suhu ? Trus biar lebih enak lagi diapain lagi ya suhu ? Mohon pencerahanya suhu. Thank before

    BalasHapus
  49. Suhu mau tanya nih, Mx ane tahun 2006 pake karbu PE28 kw, sama pake busi platinum, knalpotnya pake knalpot standar mx 5 speed. Bikin mesin rusak gak suhu ? Trus biar lebih enak lagi diapain lagi ya suhu ? Mohon pencerahanya suhu. Thank before

    BalasHapus
  50. Gan kalau pake cdi mio trus pake koil karisma bisa gak gan?
    Motor saya mx thn 2012 udah pake blok vixion..tp top speednya mash sama kayak kemarin pas pake blok standar..
    Tolong di bantu gan gimana cara biar tenaganya lebih naik tp mash aman...makasi gan..

    BalasHapus
  51. Gan kalau pake cdi mio trus pake koil karisma bisa gak gan?
    Motor saya mx thn 2012 udah pake blok vixion..tp top speednya mash sama kayak kemarin pas pake blok standar..
    Tolong di bantu gan gimana cara biar tenaganya lebih naik tp mash aman...makasi gan..

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti cdi gan....pake brt dual band ga deket d kantong harganya, itu aja dah nambah top speednya aja udah nambah kira2 5-15kpj....kalo mau nambah lagi ganti knalpot free flow...kalo mau nambah lagi ganti Karbu...klo mau nambah lagi ganti camshaf...kalo mau nambah lagi ganti perkopling racing...nambah lagi ganti koil kharisma...mo nambah lagi juga pake busi ngk platinum...mo nambah lagi bibit motor ringanin(pake velk jari2/ban kecil)...mau lebih lagi kalo mx new pake girdepan mx old...mau lebih lagi ya boreup😀.....itu speck gampang banget nyampe kecepatan 120kmpj...coba aja atu2...jgan bareng2 ntar cekak buat yg minum dananya

      Hapus
  53. Gan ikrar, MX ane old 09. kmren ganti blok sama piston punya vixi. sekarang tarikan malah drop,knapa ya kira2? kmren kjadian CDI TDR ane drop,padahal baru 6 bulan. adalakah sara?
    #kopling pengen ganti kharisma punya, karbu sama noken ada masukan??
    saat ini kondisi motor asap hitap,mulai brebet gan, padahal awalnya sehat

    BalasHapus
  54. Bengkel yg bagus di jak-tim dimana ya mau up mesin mx ane nh..minta rekomendasi agan agan yg udah pengalaman..

    BalasHapus
  55. Motor sya NJMX 2014 ,mau sya tambah kecepatan nya tapi buat sehari hari om,, klo ngkutin yang di atas gmna om bkal mki knceng gak, terus bkal ada kndala gak ,klo knalpot udh di ganti dluan pake FREFLOW cma msih rada berat klo ngbut msih suka gmna gtu berat inti nya, klo BB nya udh pertamax terus tpi tetep aja tenaga nya masih berat klo digas
    tolong bntuan nya om , sblm nya makasih

    BalasHapus
  56. Bro saya mau Tanya , Mx saya 2011 , knalpot udh racing purbalingga . Klo saya mau mau bikin motor top speed nya nambah gimana yah ? Tapi jangan sampe ngefek ke Cara pembawaan , soalnya temen ane top speed nya nambah tp motor nya geter" gitu . Ane pengen bikin motor lebih cepet tapi yang gak mahal , gimana bro caranya

    BalasHapus
  57. Bro saya mau Tanya , Mx saya 2011 , knalpot udh racing purbalingga . Klo saya mau mau bikin motor top speed nya nambah gimana yah ? Tapi jangan sampe ngefek ke Cara pembawaan , soalnya temen ane top speed nya nambah tp motor nya geter" gitu . Ane pengen bikin motor lebih cepet tapi yang gak mahal , gimana bro caranya

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  60. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  61. Bro mau tanya,saya pake mx 2007,cdi brt,koil yz125, karbu pe 28 sudco,sudah bore up vixion...kira kira biar agak irit pakai ukuran pj dan mj brapa ya...mohon solusinya...trim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus di kasih boros gan kalo engga di kasih boros lama" pistonnya baret + ceket karena kompersinya kering

      Hapus
    2. Harus di kasih boros gan kalo engga di kasih boros lama" pistonnya baret + ceket karena kompersinya kering

      Hapus
  62. Punya ane pake piston 57mm stroke nya tanbah 4mm karburator pwk sudko pake dobel cdi yuzaka sama shogun kebo klep standar noken standar bubut di tes # 201m 9'5 dt gan lumayah buat harian bisa ngasepin cbr150 ampe ninja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu stroke up nya pakai pen stroker yah gan? Klo ganti pen stroke itu lgsg ganti aja ato ada penyesuaian lg kah ky ganti paking setinggi stroke up nya ato ganti stang seher?

      Hapus
  63. itu pake noken as vixion lightning, atau advance, atau yang vixion lama...???

    BalasHapus
  64. gan mau tanya, MX saya tahun 2012 kok top speed cuman smpe 100km/jm ya ? apa aja yg perlu d ganti ? komdisi filter saya lepas

    BalasHapus
  65. bro..mw tanya..mx ane th 2010..kmrn baru aja ganti kampas kopling..ko selang 2 hari lgsg selip ya..trz montir ny sruh ganti per ny pke pny scorpio..v skrg dah mw selip lagi..msalah nya apa ya gan..tolong infony..thx

    BalasHapus
  66. kampas kopling ny she msh standar MX punya..msalah nya apa ya gan..tolong infony..thx

    BalasHapus
  67. kira" apa lagi gan yg haruz d ganti biar jos kya baru..oia..gan ane lupa..MX ane klo stiap abis k ujanan..gas nya sllu nyangkut..kira" apa lgi tu gan masalah ny..thx y

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek skep. takutnya baret.
      itu karbu ori apa udah ganti?

      Hapus
  68. filter karbu ane g pasang..cz mlah tambah berat tarikan nya..boros pula jdi nya..jd ane cuma pk cangklong nya aja gan..cz skrg ane sambilan jd ojek OL gan..yg hrz mondar mandir sana sini..tnpa henti..ya paling cuma sbentar istirahat nya..se x lgi tolong info ny se akurat mungkin y gan..maaf jg nie dh ngerepotin..thx bgt gan..

    BalasHapus
  69. Misi bro, mau nanya...

    Saya punya NJMX 135 2014 akhir
    nah saya sering berangkat kuliah dari rumah ke kampus jarak 9km kurang, speed rata" 100 ke atas...

    Saya mau naikin power (untuk harian saja), budget under 1jt..

    Perlu ganti CDI kah/ ganti part" lain?

    (jawaban kirim email aja bro)
    Thanks before...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saran saya bagusnya ganti cdi dual band kr, biar akselerasi ny ningkat lagi dan gak cepat limit, klo untuk harian gak usah ganti karbu, kalau mau mesin nya awet, dan jug ganti koil, pokokny ganti ajja sistem pengapian ny ajj bro

      Hapus
    2. Saran aj mas, ganti cdi brt dual band rk, nokes kek as piston kawahara,terus stel klep di jamin setara ninja mas

      Hapus
  70. saya nunggangin jupiter mx nonkopling 2007, masalahnya kalo di tarik sampai rpmnya itu ngebul keluar asep putih jadi top speed ya 60kmperjam, katanya masalah di bloknya , udah saya ganti punya jupiter asli, pas saya coba speed cuma sampai 100kmperjam.. dan itu ngebul lagi . itu kenapa ya ??

    BalasHapus
  71. Kalau menurut saya ganti aja cdi nya bro,sama koil nya biar gak limit dan akselerasi ningkat,dan jug ngga usah maonin karbu, karbunya standart aja, standar lebih aman buat harian, pokoknya sistem pengapian ny aja

    BalasHapus
  72. Bro apa boleh klo pkai cdi brt dualband koilnya di ganti yg racing?

    BalasHapus
  73. bro mau tanya nih,Saya punya NJMX 135 2014 akhir,apa bisa klo pkai cdi thander,.

    BalasHapus
  74. Punya saya mx 2008.ngk perlu banyak otak atik.semua ori.tapi,ada sedikit yang saya setting.busi saya gerinda mata nya biar runcing.blok head saya papas pake gerinda biar bikin sempit ruang bakar.karbu ori saya seting sedikit.per kopling saya tambah ring ganjal biar lebih keras hantakan nya.alhasil mx saya ida kayak king.trus lari juga ngk nahan klo di aspal.bisa2 bikin nyawa melayang.ngak takut klo di gober sma fu150std.tu ja yang saya rombak dari mx saya.murah meriah.ngk pke alat racing pun bisa ngasepin fu150.boleh di coba buat teman2 yg kurang modal.trus yg sama hobi dengan saya.trus la berkarya smua riders indonesia.doa in smoga sehat selalu.

    BalasHapus
  75. Om mo tny nch,
    Saya puny new mx 5 speed trs saya pasang cdi brt dual band tpi stlh lbih kurng stgh jam dpke jalan xo mesinnya jdi ngadat/brebet,
    Smua msih standart cm cdi z yg dgnti cdi brt tpi xo mlah ngadat y om gliran dgnti cdi asli mesinny jdi normal lgi,
    Kemudian cdi jg udh dgaransi m pabrikny ud dgnti cdi brt yg baru lalu saya pasang lgi tpi hsilny tetap mmbuat mesinnya ngadat,
    Itu mslahnya knp y om?
    Mhon infonya
    Koil, karbu, noken, kampas+karet kopling smua msih stndart cm cdi z yg dgnti racing

    BalasHapus
  76. broo, kalo noken as vixi pnp ga buat ojmx? trus kalo mau pasang kampas kopling tiger ke ojmx perlu dibubut ga?

    BalasHapus
  77. Mx Klo pkek karbu king mamipolnya mesti pkek apa y???

    BalasHapus
  78. gan nanya dong motor saya njmx udah ganti blok 62mm,karbu pe 28 kw terus gear depan 15 belakang 39, knalpot custom, tapu takiran tuh cuma ada di gigi 1 sama 2, kalo papas noken as bagus apa engga om? terus saya harus ganti apa aj... mohon jawabannya TERIMA KASIH.

    BalasHapus
  79. Part yg harus diganti sesuai dengan fotonya itu ya bro?

    BalasHapus
  80. Cdi mio berarti makai kuil blue thander yg recing om, atau gimana tolong jelasi makasih

    BalasHapus
  81. Bro mau tanya nih.. Njmx 2012.. Klau di posisi netral rpm.a ok.. Tpi klau masuk gigi pedal kupling di tekan full.. Rpm.a jdi kurang.. Dan klau di setel di rmp tinggi motor susah di didorong ke bekakang.. Itu kira apa.a y..

    BalasHapus
  82. Broooo punya ane nmx 5 speed 2012, cdi brt dual karbu keihin ori thailand koil kharisma top blok masih standar top speed 130 km/j. Problemnya kalau capai top speed lama bnr di gigi 5 nya. Problemnya dimana brooooooo....
    Mohon bantuannya brooo

    BalasHapus
  83. Klo mau pakai noken as vixion untuk mx memng perlu dipapas dlu bro nokennya...klo ga bakal ngempos putaran bawahnya karena durasi noken vixi lebih besar..ckup papas buntut noken intake saja..pglaman ane hhe

    BalasHapus
  84. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  85. Gan motor ane jmx 2005 , karbu pake pe 28 kw , knalpot free flow , mesin dah dibore up ke 150 cc , tapi kok mentok di 130km/j ya? Pdhl sebelum di bore up juga tembus 130km/j , cara nambah top speednya gimana ya?

    BalasHapus
  86. Ass. Gan, numpang nanya saya punya mx 2009 sudah pake leher racing+silincer fu. Kampas kopling sama per kopling sudah pake punya honda GL. Selebihnya standar semua, top speed nya hanya mentok di angka 115kpj. Cara biar top speed nya nambah gmana bro? Mohon bantuannya, wss.

    BalasHapus
  87. Saya mw tnya om....
    CDI Mio yg d pakai tu Mio thun brapa om...
    Mohon blasannya...terima kasih....

    BalasHapus
  88. om ane mau tanya,, mx lama ane udah di up pke vixi,, rencana mau ganti karbu soalnya yang bawaanya karbu udah jelek, gak bisa di setting.. pertanyaanya, karbu yang bagus untuk mtr ane pake apa ya om?

    BalasHapus
  89. Bro mx ku 2009 mau tanya kalo CDI udah ganti mio 5TL mesin udah di upgrade punya mx king noken punya xaber kalo mau ganti koil cocoknya pake karisma ato racing ya?kalo racing merknya apa?tolong sarannya

    BalasHapus
  90. Bro mx ku 2009 mau tanya kalo CDI udah ganti mio 5TL mesin udah di upgrade punya mx king noken punya xaber kalo mau ganti koil cocoknya pake karisma ato racing ya?kalo racing merknya apa?tolong sarannya

    BalasHapus
  91. Bro mx ku 2009 mau tanya kalo CDI udah ganti mio 5TL mesin udah di upgrade punya mx king noken punya xaber kalo mau ganti koil cocoknya pake karisma ato racing ya?kalo racing merknya apa?tolong sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo ada dana nya pake coil yz125 bro... Klo coil mio pasangan nya harus coil racing... Tp klo CDI racing baru pake coil karisma... Biar ga ngacak pengapian nya

      Hapus
  92. filter pasang, jetting ulang karbu, pakai Busi Platinum, pakai Pertamax. dijamin oke lagi

    BalasHapus
  93. Aslamualaikum Mas.. mau tanya....klo jpMX 2006 BLOK nya di ganti dengan blok vixion juga stangpiston harus diganti gak ama stangpiston vixion mas...tmksh sebelumnya

    BalasHapus
  94. Njmx saya th 2013 awal.. Cuma ganti coil karisma dan di pasang ground strep , per kopling Tiger, oli repsol, bbm pertamax, busi ngk platinum cpr8ea kadang pake busi Tdr platinum 085,gear set 15/39 udah tembus top speed 125 km... Yg saya suka dr 0 km sampai 100 km itu cepet banget ngangkatnya cuma butuh waktu lebih kurang 8 detik... Bbm masih irit paling boros 1:42 perliter...ganti oli ga lebih dr 1200km mesin enteng terus sampai sekarang ga kalah Tarakan nya sama motor baru...

    BalasHapus
  95. Gan..... Bolrh gabung tanya2 gak??? Newbie,, infonya donk... Porting polish silinder head yg bagus n bsa di percaya dmna ada gan.. Atau ada yg jual head mx new yg siap pakai alias pnp gak??

    BalasHapus
  96. Mx 2004 saya standard. Cuma ganti gir set Aja. Ukuran 34/15 punya Honda supra .Yg lalu speed mentok 115km. Jadi 125+km .Trek lurus. Di tanjakan kaya Derek Mobil. Berat

    BalasHapus
  97. Gan mx saya mx 2009 kopling tp ada masalah di kopling ny.ga enak di bawa pelan,dan dijalan macet,soalnya tiap sedikit lepas kopling hentakan nya terasa sekali kopling nya ga bisa lembut,jadi klw boncengan ga nyaman rasany.udah ganti kampas kopling tp tetap aja ky gtu.kira kira yg rusak apanya ya?

    BalasHapus
  98. Gan mx saya mx 2009 kopling tp ada masalah di kopling ny.ga enak di bawa pelan,dan dijalan macet,soalnya tiap sedikit lepas kopling hentakan nya terasa sekali kopling nya ga bisa lembut,jadi klw boncengan ga nyaman rasany.udah ganti kampas kopling tp tetap aja ky gtu.kira kira yg rusak apanya ya?

    BalasHapus
  99. jupiter mx saya tahun tua 2008 dan blum kopling...saya modifikasi yang d ganti
    -kopling manual
    -kampas kopling tdr
    -perkopling kawahara
    -CDI standar
    -koil thunder
    memang sama mega pro standar bisa menang dikit... tp kalo sama New v-ixion ampun dah kalah jarak 4 motor

    BalasHapus
  100. Bg mau tnya.. ane baru ganti karbu king sama blok vixion.. dan gnti kain klos.. tpi knpa ya kok tarikan ny uda pas mau ngebut sprti kehabisan kain klose. Itu pngaruh ny pa yg bg

    BalasHapus
  101. KLO CDI BRT power Max kedip biru saat jalan itu kenapa mohon bantuannya mas bro..

    BalasHapus
  102. KLO CDI BRT power Max kedip biru saat jalan itu kenapa mohon bantuannya mas bro..

    BalasHapus
  103. Mau tanya bos motor aku ojmx non kopleng gimana cara membuat motor nya bertenaga lagi soal nya tenaga nya udah kendor

    BalasHapus
  104. Ojmx saya cuma ganti karbu 28mm, cdi brt powermax, kampas kopling charisma, per kopling tdr, noken as custom, magnet di bubut 2mm, knalpot sc project, sama in ex nya di porting, yang lain standart kalo cuma satria fu di jarak 201m mah ketinggalan jauh

    BalasHapus
  105. Mau tanya nih gan mx punya ae thn 2007 udh pakai cdi brt dual band trus apa aja yg harus di ganti selebihnya lagi.klo tarikan sih udh mantap deh..tapi mau dibikin lebih jis lagi. Tapi kagak bore up standart aja..mohon bantuannya.. maaf klo merepotkan pertanyaannya😅😁😇🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mx punya ae yg manual gan 2007

      Hapus
    2. Palingan main pengapian aja cuk ,Kampas kopling sama per kopling ..itu udh enak kok

      Hapus
    3. Tpi klo pake CDI Racing koilnya standard aja ,palingan main di busi

      Hapus
  106. Bengsinya irit GX gan
    Klok irit mw tak coba di benggkel ak gan

    BalasHapus
  107. Njmx 2014 akhir, Penyebab gear 5 kurang tenaga ?

    BalasHapus
  108. Bisakah bang, saya punya jupiter mx lama tahun 2009 bisa kah memakai kampas kopling GL?

    BalasHapus
  109. Saya punya OJMX 2008. Mesin std, hanya modif sekitar 5%. Kelistrikan udah full DC, busi NGK Power Platinum, per kopling Tiger, Kampas kopling Tiger. Lainnya std.
    Top speednya kalahkan Ninja 2T punya teman (udah pernah adu kecepatan bareng), Ninja 2T jauh dibelakang sekitar 12.meter (gas berdua udah pada mentok).
    Tambahan :
    1. ban depan 80/80-17, ban blkg 100/80-17
    2. Velg blkg dan arm pake Ori punya NJMX.

    Pendapat dri agan² gimana?

    BalasHapus